"Pedagang yang jujur lagi dipercaya itu bersama para nabi, shiddiqin, dan syuhada." (HR. At-Tirmidzi no. 1209) | "Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang jika berbicara tidak bohong, jika diberi amanah tidak khianat, jika berjanji tidak mengingkarinya, jika membeli tidak mencela, jika menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), jika berhutang tidak menunda-nunda pelunasan, dan jika menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan (HR. Al-Baihaqi di dalam Syu’abul Iman, Bab Hifzhu Al-Lisan IV/221) | Griya Herba Natural, Jl. Letjen Suprapto No. 85, Kepatihan, Tulungagung. Telp/Sms 085655767273

13 February 2013

Cara Memilih Buah Manggis yang Benar

Buah Manggis
XAMthonePlus® - Buah Manggis, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah Manggis sangat terkenal, bahkan mendapat julukan ratunya buah alias queen of fruit. Wajar saja, rasa daging buah manggis memang manis asam, segar jika dirasa. Tak hanya itu, ternyata kulit buah manggis memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi.

Panen buah manggis memang tergantung musim. Di luar musimnya, buah manggis cukup langka dicari di pasaran. Sebaliknya, buah manggis mudah diperoleh saat tiba musimnya, bahkan harganya bisa jatuh murah. Nah, untuk para penggemar buah manggis, berikut beberapa cara memilih buah manggis yang benar.

 

Cara memilih buah manggis #1: Perhatikan warna buah

Saat memilih, perhatikan warna buahnya. Buah manggis yang sudah tua ditandai dengan warna buah yang ungu kehitaman. Perlu diketahui, warna buah manggis muda adalah hijau. Saat muda, rasa buah manggis sepat. Oleh sebab itu, pilih buah manggis berwarna ungu kehitaman, yang berarti buah manggis telah masak. 

 

Cara memilih buah manggis #2: Perhatikan bagian bawah buah

Pada bagian bawah buah manggis terdapat bagian yang menunjukkan banyaknya biji. Pilih buah manggis yang bijinya di atas empat. Semakin banyak biji menunjukkan semakin kecil bijinya dan lebih banyak daging buah manggis yang bisa dimakan. Jika bijinya kurang dari empat, isi buah manggis besar atau bijinya besar sehingga daging buahnya lebih sedikit.

 

Cara memilih buah manggis #3: Pijit badan buah

Jangan lupa untuk memijit badan buah manggis. Buah yang empuk menunjukkan buah manggis sudah masak. Jika masih keras, hal ini menunjukkan jika buah sudah tidak segar atau terlalu tua.

 

Cara memilih buah manggis #4: Jangan pilih buah yang terlihat getah kuningnya

Perhatikan ada atau tidaknya getah kuning pada pemukaan buah manggis. Getah kuning ini muncul akibat buah terjatuh dan penyok saat dipanen atau memar saat diangkut. Memar ini menimbulkan getah yang berubah menjadi kuning. Perlu diketahui, jika terdapat warna kuning di bagian luar buah, di bagian dalamnya juga pasti berwarna kuning. Meskipun getah kuning di bagian luar buah terlihat sedikit, di bagian dalamnya bisa lebih banyak. Getah kuning ini bisa menimbulkan rasa pahit jika termakan.

 

Cara memilih buah manggis #5: Pilih buah berukuran sedang atau kecil

Semakin besar buah manggis, semakin besar pula biji di dalamnya. Artinya, bagian buah yang bisa dimakan lebih sedikit. Oleh sebab itu, jika ingin memakan daging buahnya, pilih buah manggis yang kecil atau sedang. Namun, jika ingin memanfaatkan kulit buahnya, pilih buah berukuran besar. Semakin besar ukuran buah, kulitnya juga semakin tebal.

 

Cara memilih buah manggis #6: Perhatikan tangkai dan kelopak buah

Pilih buah manggis yang tangkainya masih hijau, kelopak masih komplit dengan warna yang sama dengan tangkainya. Ini salah satu tanda buah manggis belum terlalu lama dipanen. 


Nah, sobat XAMthonePlus®, demikian Cara Memilih Buah Manggis yang Benar. Jangan salah pilih, ya. Bagi sobat yang membutuhkan jus kulit buah manggis XAMthonePlus® bisa langsung menghubungi Griya Herba Natural | 085655767273.